Percaya atau tidak, ternyata para hewan memiliki keahlian berbicara layaknya manusia. Hal itu pun dibuktikan oleh kelima binatang hebat ini. Kebisaan itu mereka dapat dari hasil latihan dan juga rutin berinteraksi dengan manusia.

Bahkan, para hewan mampu ini menyerap bahasa-bahasa manusia semakin sering mereka mendengarnya. Dilansir dari oddee.com, berikut 5 hewan yang bisa bicara.

1. Koshik si gajah Korea

koshik-si-gajah-korea-rev2

Koshik adalah seekor gajah asal Korea Selatan tinggal di Kebun Binatang Everland di Kota Yongin. Siapa sangka, dia bisa bicara bahasa Korea meski hanya sedikit, seperti annyong (halo), anja (duduk), aniya (tidak), nuo (berbaring), dan choah (bagus). Dia juga sering berdekatan dengan manusia hingga sedikit demi sedikit mengerti bahasa mereka.

2. Noc si paus Beluga

noc-si-paus-beluga-rev2

Pada 1984 paus beluga bernama Noc ini mengucapkan kata pertamanya. Umurnya sekitar sembilan tahun saat itu. Dari rekaan diambil pada 1977 Noc terlihat tengah belajar berbicara bahasa manusia dengan menirunya. Seiring pertumbuhan Noc, dia malah semakin malas belajar berkata layaknya manusia namun caranya belajar membuat banyak pihak takjub apalagi paus beluga ini cukup trampil meniru.

3. Alex si kakatua abu-abu

alex-si-kakatua-abu-abu-rev2

Kakatua abu-abu asal Afrika bernama Alex ini dipelihara oleh pemiliknya Irene Pepperberg saat usianya setahun. Nama Alex diberikan Pepperberg yakni sebuah singkatan eksperimen belajar hewan (Animal Learning Experiment). Alex mengenal lebih dari 100 kata dan setara dengan usia manusia empat tahun. Namun, Alex telah mati pada 2007. Sebelum tiada dia sempat memberikan kata terakhir pada Pepperberg yakni kau akan baik-baik saja.

4. Hoover si anjing laut

hoover-si-anjing-laut-rev2

Hoover adalah seekor anjing laut ditemukan oleh George dan Alice Swallow pada 1971 di wilayah New England, Inggris. Saat pasangan itu merawat Hoover di luar rumah, dia mulai belajar meniru suara manusia termasuk aksen New England. Saat besar dia dipindahkan ke akuarium New England. Sebelum mati pada 1985 dia sempat belajar beberapa kalimat termasuk halo semuanya dan saya harus pergi.

5. Odie si anjing pesek

odie-si-anjing-pesek-rev2

Odie anjing kecil dan pesek ini bukanlah golongan jenis pintar untuk diajarkan berbagai hal. Namun dia bisa berbicara layaknya manusia. Alhasil, ia pun banyak diundang ke berbagai acara bincang-bincang di televisi termasuk Oprah Winfrey Show. Di acara itu Odie bisa mengatakan aku cinta padamu pada pemiliknya, Ruth, di acara show David Letterman. (nha)