Taman Nasional Way Kambas (TNWK) adalah Taman Nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional ini terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung. TNWK termasuk salah satu Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia.

Taman Nasional ini menempati 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung. TNWK dikenal dengan konservasi gajah, selain menjadi tempat perlindungan bagi gajah sumatera, taman nasional ini juga dikenal sebagai tempat latihan mereka.

Way Kambas didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1937. Tempat ini diyakini ada sekitar 200 gajah sumatera hidup di dalam Taman Nasional. Pembentukan awal taman nasional ini bertujuan untuk melindungi keberadaan gajah dan pada saat yang sama menciptakan saling menguntungkan untuk kedua gajah dan manusia.

Di TNWK berdiri Rumah Sakit khusus gajah yang terbesar di Asia dan rumah bagi banyak flora eksotis. Jika ingin menuju TNWK, wisatawan bisa menempuh perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung selama 2 jam, seperti dikutip dari Kompas, Kamis (6/2/2014)

Jika menggunakan transportasi umum, rute yang paling sederhana adalah mengambil bus dari Rajabasa di Terminal di Bandar Lampung ke arah Way Jepara. Lalu turun di gajah batu di Desa Rajabasa Lama, Way Jepara. Selanjutnya menggunakan ojek atau sepeda motor ke Way Kanan atau Pusat Pelatihan Gajah (PLG) yang merupakan pintu masuk ke TNWK.