Di daerah Bontang, Kalimantan Timur terdapat sebuah pulau cantik bernama Pulau Beras Basah. Selain disuguhi dengan keelokan pantai pasir putih, di sana juga ada mercusuar menjulang tinggi dan pemandangan bawah laut yang menawan.

Dulunya, Pulau Beras Basah hanya menjadi tempat rekreasi terbatas yang diperuntukkan karyawan dan keluarga karyawan perusahaan gas yang berkedudukan di Bontang. Seiring berjalannya waktu, Pulau Beras Basah semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk mencapai Pulau Beras Basah dari Kota Balikpapan, tidak butuh biaya hingga jutaan rupiah. Selain bisa dikunjungi dengan menggunakan transportasi pribadi atau umum, bisa juga dengan rombongan dengan tujuan menghemat biaya perjalanan darat dan laut.

Waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke Samarinda kurang Lebih 3 jam dan dari Kota Samarinda ke Kota Bontang hingga di Pelabuhan Tanjung Laut kurang lebih 3 jam. Sedangkan untuk mencapai Pulau Beras Basah dari Pelabuhan Tanjung Laut, dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Di Pulau Beras Basah wisatawan dapat menikmati senja atau sunset. Pulau Beras Basah adalah pulau yang cocok untuk dikunjungi para pencinta diving dan snorkeling., seperti dikutip dari TravelDetik, Selasa (11/2/2014). (nha)