Di dunia ini, selain terdapat satwa-satwa yang memiliki ukuran tubuh raksasa, ada pula hewan-hewan yang bertubuh kecil. Dilihat dari bentuknya yang kecil, hewan-hewan tersebut sangat menggemaskan.

Saking kecilnya, hewan-hewan ini pun dapat dengan mudah disimpan oleh pemiliknya, seperti di saku baju, toples, dan lain sebagainya. Namun, sebagian dari hewan kecil itu dilindungi untuk menjaga kelestariannya.

Penasaran dengan hewan-hewan terkecil tersebut? Seperti dilansir dari Heavy.com, berikut adalah 5 hewan paling kecil di dunia.

1. Kelelawar Bumblebee

Kelelawar Bumblebee
Kelelawar Bumblebee

Hewan ini dikenal dengan nama Kitti’s Hog-Nosed Bat atau Bumblebee Bat. Kelelawar terkecil di dunia ini bisa Anda jumpai di Thailand. Ukuran tubuhnya memang kecil, bahkan ukuran tubuh paling besar mungkin hanya sekitar 10 cm saja. Saat ia terbang, mirip dengan kupu-kupu atau serangga lain.

2. Bee Hummingbird

Bee Hummingbird
Bee Hummingbird

Hewan ini disebut burung hummingbird lebah karena memang ukurannya mirip dengan ukuran lebah. Asalnya dari Kuba dan besarnya tak berbeda jauh dari penghapus pensil. Mereka termasuk jenis burung yang aktif dan setiap menitnya bisa mengepakkan sayap 100 kali.

3. Chihuahua Boo Boo

Chihuahua Boo Boo
Chihuahua Boo Boo

Hewan lucu ini bernama Boo Boo. Jenis anjing chihuahua ini termasuk salah satu anjing chihuahua terkecil di dunia. Besarnya sama seperti kotak korek api. The Guinness Book of Records akhirnya menobatkan Boo Boo sebagai anjing terkecil di dunia tahun 2013.

4. Pygmy Marmoset Monkey

Pygmy Marmoset Monkey
Pygmy Marmoset Monkey

Penghuni hutan hujan Amaazon ini adalah jenis monyet terkecil di dunia yang bisa tumbuh hanya sekitar 10-15 cm saja. Monyet Pygmy ini juga ada di Brasil, dan disebut dengan nama mono de bolsillos atau monyet saku. Pygmy Marmoset Monkey termasuk hewan yang sangat dilindungi.

5. Royal Antelope

Royal Antelope
Royal Antelope

Hewan ini diberi nama royal bukan karena ukuran tubuhnya besar, namun justru tubuhnya sangat kecil sekali. Jenis antelope yang satu ini hanya bisa tumbuh 15-20 cm saja. Mereka hidup di dalam semak-semak di hutan Afrika Barat dan termasuk hewan nocturnal yang sangat pemalu. (nha)