Wajah Berkomedo? Ini 5 Penyebabnya

Anda sedang memiliki masalah komedo pada wajah? Jika iya, maka Anda harus mengetahui penyebabnya, agar Anda bisa mencegahnya muncul kembali. Berikut 5 penyebab munculnya komedo, dilansir dari Merdeka, Kamis (13/2/2014).

1. Produksi minyak berlebih pada kulit

Umumnya, komedo disebabkan oleh kelebihan produksi minyak pada kulit, terutama kulit wajah. Kelebihan produksi minyak itu terjadi pada saat seseorang mengalami pubertas atau selama menstruasi.

2. Menggunakan make-up secara berlebihan

Komedo bisa muncul jika Anda menggunakan pelembap, tabir surya, make up, atau foundation secara berlebihan. Hal tersebut juga bisa membuat kulit Anda iritasi.

3. Gaya hidup tidak sehat

Merokok berlebihan serta terlalu banyak meminum minuman beralkohol dan kafein bisa menyebabkan komedo muncul di wajah. Perbanyak minum air, minimal 8-10 gelas per hari, untuk menyehatkan tubuh dan kulit Anda.

4. Stres

Stres tidak hanya penyebab penyakit kejiwaan, namun juga bisa penyebab masalah pada kulit. Kurangi tingkat stres dengan melakukan hal-hal positif atau hal yang Anda senangi.

5. Makanan

Gorengan, makanan manis dan makanan kaya karbohidrat memiliki dampak besar pada kondisi kulit Anda. Kurangi juga mengkonsumsi makanan cepat saji agar kulit tetap sehat. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Hewan Paling Kecil di Dunia

Dicekal, Shakira Malah Rekam Lagu Baru