Bagi Anda para penggemar es krim, tampaknya belum lengkap bila belum mencoba es krim yang satu ini. Es krim tersebut bernama Dondurma, dan merupakan penutup dari daerah Kahramanmaras, Turki.

Berbeda dengan es krim biasa, tekstur pada es krim ini memiliki tekstur kenyal dan elastis. Dilansir Vemale, Kamis (13/2/2014), tekstur kenyal itu ternyata berasal dari bahan salep dan mastic. Salep adalah tepung yang terbuat dari sejenis anggrek pegunungan, sedangkan mastic adalah getah dari pohon mastic.

Meski berbeda tekstur, es krim ini memiliki rasa yang sama seperti es krim lainnya yang tentunya tidak asing bagi Anda para penggemar es krim, seperti rasa coklat, stroberi, vanila, dan pistachio.

Para penjual Dondurma umumnya memakai kostum tradisional dengan kemeja putih, topi, dan rompi merah berbordir. Yang menarik, penjual Dondurma selalu melakukan atraksi saat menjual es krimnya, sehingga para pembelinya juga merasa terhibur sambil menunggu es krimnya siap disajikan. Apakah Anda sudah tidak sabar untuk mencicipi es krim unik ini? (tom)