Selain tempat wisata, museum bisa menjadi sarana edukatif untuk mengenal sejarah yang tersimpan pada suatu benda. Umumnya benda yang dipajang dalam museum adalah benda antik. Meski demikian, ada juga museum yang berbeda dengan kebanyakan museum. Berikut adalah 5 museum yang memiliki konsep dan koleksi unik, dikutip dari Merdeka, Jumat (14/2/2014).

1. Museum Patah Hati

Museum patah hati
Museum Patah Hati

Museum yang berada di Zagreb, Kroasia ini didedikasikan untuk hubungan cinta yang gagal. Museum ini memamerkan barang-barang dari dari mantan kekasih, yang juga disertai dengan penjelasan singkat di bawahnya. Museum ini pernah menerima Kenneth Hudson Award pada bulan Mei 2011 sebagai museum paling inovatif di Eropa.

2. Museum Mumi

Museum mumi
Museum Mumi

Museum Mumi atau El Museo de las Momias terletak di Guanajuato, Meksiko. Koleksi museum ini berasal dari kumpulan mumi Guanajuato yang telah tersohor di dunia. Tercatat ada 119 mumi yang dipajang di museum ini.

3. Museum Hantu

Museum hantu
Museum Hantu

Museum Blair County Historical Society di Baker Mansion, Pennsylvania, Amerika Serikat, menyimpan sebuah gaun pengantin yang dikenal angker. Gaun tersebut dikatakan melayang-layang saat tengah malam. Beberapa staf museum yang menaruh kamera tersembunyi di dekat gaun itu menemukan benda tersebut bergerak sendiri dan menyimpulkan bahwa ada hantu yang bertanggung jawab atas kejadian aneh itu.

4. Museum Mainan

Museum mainan
Museum Mainan

Museum mainan ini bernama Batcat Museum dan terletak di Thailand. Batcat Museum memiliki sekitar 50.000 koleksi, yang membuatnya menjadi museum mainan terbesar di Thailand. Selain itu museum ini juga merupakan salah satu museum paling lengkap di dunia. Museum tersebut menampilkan patung-patung, kostum, topeng, koleksi mainan lainnya.

5. Museum Gelato

Museum Gelato
Museum Gelato

Museum ini terletak di kota Anzola dell’Emilia, dekat Bologna, Italia. Di museum ini, pengunjung bisa menelusuri sejarah gelato dan mesin pembuatnya. Museum ini juga berhasil memecahkan rekor baru sebagai museum gelato pertama di dunia. Gelato adalah es krim Italia, yang berasal dari kata Latin “congelato” (yang berarti beku). (tom)