Nasi Jaha, Makanan Khas Manado

Bagi Anda yang kebetulan sedang berlibur ke Sulawesi Utara, tepatnya Manado, maka tidak akan lengkap jika Anda belum mencoba makanan khas Manado, yaitu Nasi Jaha.

Nasi jaha adalah salah satu makanan khas Manado yang berbahan dasar beras ketan dan santan yang sebelumnya diisi kedalam batang bambu berlapis daun pisang kemudian dibakar. Nasi jaha merupakan salah satu makanan yang lezat karena penggunaan bumbu rempa-rempanya, sehingga menjadi oleh-oleh wajib bila mengunjungi kota ini.

Dilansir Dunia Kuliner, Sabtu (15/2/2014), Nasi Jaha sendiri berasal dari kata nasi dan jahe. Sesuai namanya, selain beras ketan dan santan, makanan ini juga dibumbui jahe. Meskipun tergolong makanan lama alias jadul, namun makanan ini dengan mudah didapat apabila ada acara perayaan hari besar dan upacara tradisional di Kota Manado.

Biasanya Jaha disantap bersama dengan abon daging rusa atau sapi, atau abon ikan cakalang, atau pun gulai dan kari. Rasanya sangat khas dengan aroma yang menggugah selerah makan. Ingin mencicipi makanan khas Manado ini? Anda bisa membeli Nasi Jaha di pasar tradisional, supermarket, swalayan, serta restoran dan rumah makan atau kafe di Manado. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Lucunya, Ada Pulau yang Dihuni oleh Kelinci

Bahaya, Jangan Beli Baju Langsung Pakai