Biasanya saat kita membeli baju, karena sudah tidak sabar ingin tampil beda, kita langsung memakai bajunya tanpa mencuci bajunya terlebih dahulu. Ternyata kebiasaan ini bisa membahayakan diri kita. Beberapa laporan menunjukkan bahwa penggunaan bahan kimia beracun dalam pengolahan pakaian dapat menimbulkan reaksi alergi dan risiko lainnya terhadap kesehatan.

Dilansir dari Naturalnews, Sabtu (15/2/2014), produsen kain kebanyakan menggunakan bahan kimia beracun dalam pengolahan serat kain, bahkan hingga proses pengemasan pakaian. Setelah pakaian selesai diproduksi, produsen biasanya menambahkan formaldehid untuk menjaga pakaian dari kerutan dan mencegah tumbuhnya jamur selama pengiriman.

Zat formaldehid tersebutlah yang menambah paparan racun pada pakaian, sehingga jika tidak dicuci, zat tersebut masih tetap menempel pada kain dan nantinya akan menyentuh kulit. Selain bisa menimbulkan reaksi alergi yang parah, ada juga penyakit efek panjang yang diakibatkan oleh zat tersebut.

Bahan kimia lain dalam pakaian yang umum digunakan adalah nonylphenol ehtoxylate (NPE) dan formalin. Penggunaan NPE pada beberapa merek pakaian terkenal telah dibatasi di berbagai negara di Asia. Namun, sampai sekarang belum ada batasan penggunaan bahan kimia pada pengolahan pakaian di Cina dan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bagi Anda yang hobi membeli baju, sebaiknya Anda cuci terlebih dahulu baju yang Anda beli itu, agar Anda tidak terkena dampak akibat zat yang menempel pada baju. (tom)