Aktor laga asal Hong Kong, Jackie Chan, sudah banyak dikenal masyarakat di dunia, karena membintangi film-film Hollywood selain film dari negara asalnya.

Meskipun banyak membintangi film Hollywood, ternyata ada sisi lain dari Jackie Chan yang mungkin tidak semua mengetahuinya. Ternyata Jackie adalah orang yang suka dunia politik. Dia juga adalah pendukung Partai Komunis Cina dan kerap mengkritik orang yang menentang pemerintahan Beijing, termasuk Amerika Serikat.

Dilansir Washington Post, Minggu (16/2/2014), dalam sebuah wawancara di acara televisi Cina, Jackie pernah mengatakan Amerika Serikat adalah negara paling korup sejagat. Menurut Jackie, krisis ekonomi berawal dari AS. Sementara untuk negaranya sendiri, Jackie memuji keberhasilan negaranya itu dalam belasan tahun terakhir.

Jackie sudah beberapa kali menimbulkan kontroversi lantaran kritiknya terhadap Taiwan dan Hong Kong yang menurutnya dinilai sudah kelewatan soal kebebasan. Bagi warga Cina, pendapat Jackie itu tampaknya sudah biasa didengar oleh mereka. (tom)