Terkadang, kerap kita temukan orang yang masih berusia muda namun rambutnya sudah beruban. Kira-kira apa ya penyebabnya, apakah dia mengalami penuaan dini? Pertanyaan-pertanyaan ini terkadang menghampiri dan membuat penasaran.

Menurut MeetDoctor.com, uban disebabkan oleh perubahan warna pigmen rambut yang disebut melanin. Salah satu penyebab dari hal ini adalah kurangnya asupan oksigen yang diterima batang rambut.

Batang rambut biasanya menerima sari makanan dari ujung rambut, namun sari makanan tersebut tidak mengandung cukup oksigen. Hal inilah yang kemudian mempengaruhi susunan rambut serta melanin sehingga terjadilah uban, seperti dikutip Vemale, Senin (17/2/2014).

Kekurangan melanin sendiri bisa disebabkan oleh kerusakan DNA atau penumpukan zat tertentu. Jika rambut tanpa melanin, maka rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen dan akan membuat rambut menjadi abu-abu, putih atau perak.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan rambut beruban adalah keturunan, pengaruh iklim, stres, serta obat-obatan dalam maupun luar tubuh juga berpengaruh.

Hingga saat ini belum ditemukan cara menghilangkan uban secara permanen. Namun, menggunakan pewarna rambut masih satu-satunya alternatif dalam menyamarkan keberadaan rambut putih ini.

Tapi Anda harus berhati-hati, karena beberapa pewarna rambut justru bisa merangsang pertumbuhan uban, lebih baik konsultasikan pada ahlinya. (nha)