Seperti diketahui, film action merupakan genre utama dalam film yang satu atau beberapa tokohnya terlibat dalam tantangan yang memerlukan kekuatan fisik ataupun kemampuan khusus.

Dalam film action, pemain yang dilibatkan umumnya adalah kaum pria, walaupun kini bermunculan pula berbagai tokoh heroik wanita.

Film action mengandung banyak gerakan dinamis seperti halnya adegan baku tembak, perkelahian, kejar mengejar,ledakan, perang dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 film action terbaik.

1. Star Wars episode VI : Return of the Jedi

Star Wars episode VI : Return of the Jedi
Star Wars episode VI : Return of the Jedi

Film ini menceritakan tentang pertempuran angkasa yang melibatkan ratusan pesawat X-wing dan Tie Fighters, puluhan kapal induk Star Destroyers dan Super Star Destroyer. Selain itu, ada pula pertempuran darat antara pasukan Rebel/Ewoks dengan Imperial Stormtroopers di Endor. Terakhir, pertarungan antara Luke Skywalker dan Darth Vader/Emperor.

2. Terminator 2: Judgement Day

Terminator 2: Judgement Day
Terminator 2: Judgement Day

Perbedaan antara Terminator model T-800 (Arnold) dengan T-1000 (liquid metal Terminator) adalah seperti â??Tank Panserâ? dengan â??Porscheâ?. Terminator 1 nyaris tidak bisa dihentikan, tapi T-1000 jauh lebih canggih dan berbahaya. Itulah visi Cameron.

3. The Matrix

The Matrix
The Matrix

Film The Matrix menggunakan teknologi Bullet Time, yang memperlihatkan adegan super slow-motion dan memutar mengelilingi obyek. Teknologi ini memperkuat visual karakter Neo yang digambarkan memiliki kekuatan superhuman dan bisa menghindari tembakan peluru.

4. Independence Day

Independence Day
Independence Day

Menjelang Hari Kemerdekaan Amerika, 4 Juli. NASA mendeteksi sebuah benda angkasa yang luar biasa besar, yang ternyata adalah sebuah pesawat luar angkasa. Pertempuran udara besar-besaran antara pasukan angkatan udara Bumi dengan armada pesawat Alien pun terjadi.

5. Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark

Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark
Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark

Indiana Jones harus berkeliling dunia untuk memburu kotak magis dari jaman Nabi Musa, yang berisi 10 perintah Tuhan, The Ark of Covenant. Jones mengembara ke hutan rimba di pedalaman Peru, pergi ke pegunungan salju di Nepal, lalu ke Kairo, sebuah tempat mistikal di Mesir, dan masih berlanjut lagi. (nha)