Anda suka mengalami sulit tidur atau bahkan sering mengantuk secara berlebihan? Sebaiknya Anda berhati-hati, karena keadaan yang demikian bisa membuat Anda rawan depresi.

Dilansir Health.com, Kamis (20/2/2014), tidur yang tidak wajar berhubungan dengan gen yang bisa mengakibatkan depresi. Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1.700 orang dewasa menemukan beberapa fakta mengejutkan. Mereka yang tidur dalam jumlah normal, yaitu sekitar 7 sampai 9 jam per malam, memiliki pengaruh gejala depresi 27 persen. Sementara mereka tidur hanya lima jam setiap malamnya, rentan terkena depresi sebanyak 53 persen.

Lebih jauh lagi, studi tersebut menunjukkan orang yang tidur 10 jam lebih akan lebih rentan terkena depresi sebanyak 49 persen. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Nathaniel Watson, seorang profesor dari University of Washington Medicin Sleep Center di Seattle, Amerika Serikat. Dia mengatakan jam tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak sama-sama mengaktifkan gen yang berhubungan dengan gejala depresi.

Bila Anda ingin sehat dan terhindar dari gejala depresi, mulai sekarang aturlah pola tidur Anda dengan baik. Jangan kurang tidur, dan jangan juga terlalu banyak tidur. (tom)