Dewasa ini, tak sedikit karyawan yang bersaing ketat untuk memperebutkan jabatan tinggi di kantor. Demi jabatan tinggi, terkadang ada karyawan yang melakukan kecurangan, khususnya karyawan wanita.

Terkait hal ini, sebuah majalah bernama Grazia melakukan survey terhadap wanita karir berusia 30 tahun. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya perempuan yang ambisius dan merasa hasil kerjanya kurang dihargai, seperti dilansir telegraph.co.uk, Kamis (20/2/2014),

Hasilnya, sekitar 85% dari 1.000 wanita karir mengatakan bahwa mereka sangat ambisius. 40% di antaranya mengaku mereka lebih ambisius daripada teman-teman sekantor mereka. Lalu, 10% dari 1.000 wanita karir mengaku mereka memata-matai kolega kerja dan 67% melakukan kecurangan agar bisa mendapatkan jabatan yang tinggi.

Wanita sangat tertarik untuk maju di tempat kerja. Bahkan banyak di antara mereka yang mengorbankan keseimbangan kehidupan pribadi dan hidup sehat untuk gaji yang lebih tinggi. Jane Bruton, editor majalah Grazia mengatakan bahwa kini wanita tidak tabu lagi mengejar ambisi, bahkan secara terang-terangan.

“Kerja menjadi hal yang penting bagi wanita masa kini. Ambisi bukan lagi hal yang ‘kotor’ untuk dikerja. Di satu sisi, ini adalah hal yang baik bagi perempuan karena cara pandang ini meningkatkan produktivitas kerja. Tetapi di sisi lain, saat para wanita mengorbankan keseimbangan kehidupannya, hal ini menjadi cukup mengkhawatirkan. Survey menunjukkan perebutan kekuasaan dan ambisi ini terkait dengan meningkatnya biaya hidup sehubungan dengan kemerosotan ekonomi saat ini.” ujar Jane. (nha)