Makanan sehat ialah makanan yang memiliki gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang manusia.

Tujuan memakan makanan sehat bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang secara baik.

Menu makanan sehat harus kaya akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh. Berikut adalah 5 makanan tersehat di dunia.

1. Sushi

sushi
Sushi

Sushi menjadi makanan peringkat pertama sebagai makanan tersehat di dunia. Sushi terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Biasanya, Sushi dimakan dengan saus asin khas Jepang.

2. Kari

kari
Kari

Kari, makanan asal India ini menempati posisi ke-2. Kari asli India tak mengandung banyak kolesterol seperti kari di Indonesia. Kari India mengandung banyak rempah-rempah dan memiliki rasa dan bau yang khas.

3. Oats

Oats
Oats

Oats duduk di peringkat ke-3 sebagai makanan tersehat di dunia. Oats terdiri dari bahan gandum. Gandum memang banyak mengandung serat dan vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain itu, gandum juga dapat membuat efek kenyang lebih lama.

4. Salad

Salad
Salad

Makanan tersehat yang menduduki peringkat 4 adalah salad. Salad ialah makanan sehat walau tidak terlalu memberi efek kenyang yang lama dan memberi rasa nikmat seperti makan makanan yang lain.

5. Kimchi

Kimchi
Kimchi

Di posisi ke-5 ditempati Kimchi asal Korea sebagai makanan tersehat. Kimchi dapat menjadi bahan baku masakan. Walau terkadang aromanya tercium sangat pekat namun rasanya sangat nikmat bila dimakan dengan nasi hangat dan lauk-lauk lain seperti bulgogi khas Korea. (nha)