Gurihnya Yong Tau Foo, Tahu Isi Adonan Ikan


Di Indonesia, ada makanan yang dinamakan tahu isi, yang biasanya diisi dengan sayuran. Di Cina, ada juga makanan tahu isi, hanya saja isinya diisi oleh adonan ikan yang gurih dan kenyal. Makanan itu bernama Yong Tau Foo.

Makanan ini sudah ada sejak tahun tahun 1960an dan merupakan makanan orang Hakka di Cina. Arti harafiah Yong Tau Foo adalah ‘tahu isi’. Makanan sehat ini dapat dengan mudah ditemukan di Singapura dan Malaysia. Dijual di restoran hingga pedagang kaki lima.

Dilansir Detik, Jumat (21/2/2014), kini Yong Tau Foo dibuat tak hanya dari tahu tetapi dari bahan lain seperti cabai, tahu, pare, okra, jamur, kulit tahu, dan terung yang dicampur dengan adonan ikan. Adonan ikannya dibuat secara tradisional dengan cara melumat daging ikan menggunakan lumpang dan alu hingga menjadi adonan putih lengket. Ikan yang digunakan sebagai adonan dalam makanan ini adalah ikan parang atau tenggiri. Rasa dari makanan ini juga tidak jauh dengan rasa otak-otak ikan tenggiri.

Yong Tau Foo dapat disantap kering ataupun dengan kuah. Kuah bening yang juga digunakan untuk memasak bahan Yong Tau Foo, terbuat dari kacang kedelai dan ikan bilis. Perpaduan ini membuat aroma kuah terasa ringan dan wangi. Anda bisa memilih sendiri jenis, sayuran serta kuah yang digunakan pada Yong Tau Foo pilihan Anda.

Untuk bisa memakan Yong Tau Foo, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Singapura atau Malysai, apalagi ke Cina. Di Jakarta sendiri sudah ada gerai yang menyediakan menu ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak