Mendengarkan musik bisa membuat diri Anda lebih nyaman dan lebih rileks. Selain keuntungan tersebut, tahukah Anda kalau mendengarkan musik bisa membuat Anda lebih menikmati makanan yang Anda makan?

Seperti dilansir womenshealthmag.com, Jumat (21/2/2014), sebuah penelitian menunjukkan jenis musik yang Anda dengar dapat mempengaruhi kenikmatan Anda dalam mengkonsumsi makanan. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba memberikan makanan coklat kepada sejumlah orang dan memperdengarkan beberapa jenis musik berbeda. Kemudian peneliti mengelompokkan orang sesuai dengan seberapa suka mereka dengan makanannya. Hasilnya menunjukkan orang yang memakan coklat lebih menyukai makanannya ketika mendengar musik jazz dibandingkan dengan kelompok yang mendengarkan musik hip-hop.

Alasan musik jazz dapat menambah kenikmatan makanan kemungkinan karena alunan nadanya yang lembut dan mengubah mood seseorang menjadi lebih damai. Sementara musik hip-hop memiliki nada yang lebih agresif sehingga tidak dapat meningkatkan nafsu makan.

Ingin menikmati makanan? Persiapkanlah musik di rumah Anda. Siapa tahu bagi Anda yang memiliki kekurangan berat badan bisa bertambah nafsu makannya saat mendengarkan musik. (tom)