Jika Anda berkunjung ke Gurun Atacama di Chile, pasti terkejut melihat sebongkah tangan raksasa menjulang dari permukaan gurun. Jangan khawatir, tangan tersebut bukan tangan sungguhan dan bukan pula tangan monster raksasa yang sudah mati.

Mano del Desierto
Mano del Desierto

Tangan tersebut adalah karya seniman ternama asal Chile bernama Mario Irareazabal. Patung tangan tersebut bernama The Hand of Atacama Desert atau Mano del Desierto dalam bahasa aslinya. Dari jauh, patung ini tampak seperti peninggalan peradaban kuno. Namun sebenarnya tidaklah demikian. Patung tersebut sengaja dibuat untuk menyerupai bangunan kuno. Patung ini punya makna, untuk mengingat jasa para korban rezim militer di Chile.

Mano del Desierto
Mano del Desierto

Dilansir dari Amusing Planet, Sabtu (22/2/2014), patung setinggi 11 meter ini terbuat dari besi dan semen. Didanai oleh organisasi bernama Corporacion Pro Antofagasta, patung ini diresmikan pada tanggal 28 Maret 1992. Lokasinya sekitar 75 km sebelah selatan Kota Antofagasta di Chile.

Mano del Desierto
Mano del Desierto

Selain di Gurun Atacama, tangan raksasa ini juga bisa Anda lihat di Uruguay dan Spanyol. Anda tinggal pilih mau melihat tangan raksasa yang mana. (tom)