Couscous, Makanan Bernutrisi dari Timur Tengah

Anda pernah mencicipi makanan dari Timur Tengah? Tentunya makanan yang sudah pernah Anda cicipi itu tidak akan lengkap jika belum mencoba Couscous.

Couscous merupakan makanan yang sangat populer di negara-negara yang ada dikawasan Afrika dan Timur Tengah, semisal Libya, Maroko, Mesir, Lebanon, Tunisia, dan Arab. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal jenis makanan ini sebagai Bulgur.

Dilansir Beritasatu, Minggu (23/2/2014), Couscous biasa digunakan sebagai makanan pendamping, terutama yang tinggi karbohidrat seperti nasi atau kentang. Makanan tersebut terbuat dari gandum mentah yang dipecahkan, dengan bentuk akhir yang menyerupai semolina yaitu zat tepung dan biji gandum. Bentuknya seperti buliran kecil dengan ukuran 1 mm, hampir menyerupai beras. Perbedaannya terletak pada bentuk Couscous yang lebih pendek dan bulat.

Karena banyak mengandung nutrisi sehat, bahan pangan ini sangat cocok dikonsumsi oleh kalangan penderita diabetes, kolesterol, dan jantung karena tinggi serat, kata protein serta zat besi.

Dalam dunia kuliner masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan Afrika dan Timur Tengah, Couscous banyak diolah menjadi nasi kebuli, isian sup, atau sebagai campuran olahan daging. Biasanya Couscous dijual dalam bentuk mentah. Tapi, kini tersedia juga dalam kemasan precooked yang hanya perlu dihangatkan atau diseduh. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

jadiProfil: Erwin Parengkuan, si Presenter Serba Bisa

5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Travelling