Sebuah lagu bisa tercipta dari mana saja. Ada yang dari pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, atau diambil dari sumber-sumber lain. Berikut ini adalah 10 lagu yang terinspirasi dari sebuah novel, dikutip dari Lorongmusik, Senin (24/2/2014).

1. 1984 – David Bowie

Lagu â??1984â? ini terinspirasi dari novel fiksi ilmiah berjudul â??Nineteen Eighty-Fourâ? karya George Orwell. David Bowie begitu menyukai cerita yang ada di novel tersebut sehingga mengadaptasi sebuah plot 1984, dimana sebuah karakter fiksi Winston Smith sedang diinterogasi oleh Oâ??Brien, dari cerita tersebut, David Bowie menginterpretasikannya ke dalam lirik-liriknya.

2. 2+2=5 – Radiohead

Layaknya “1984” karya David Bowie, lagu “2+2=5” milik Radiohead juga terinspirasi dari novel â??Nineteen Eighty-Fourâ?. Lagu ini menceritakan tentang â??symbol of unrealityâ??, yang sempat disinggung di dalam novelnya.

3. 42 – Coldplay

Lagu â??42â? ini terdiri dari 3 bagian dan tanpa chorus. Coldplay menulis lagu â??42â? ini karena terinspirasi oleh novel yang berjudul â??The Hitchhikerâ??s Guide to the Galaxyâ? karya Douglas Adams.

4. 7 Chinese Brothers â?? R.E.M

Lagu ini terinspirasi dari buku anak-anak yang berjudul â??The Five Chinese Brothersâ? pada tahun 1938. Buku ini mengisahkan tentang bangsa Cina kuno, yang di dalamnya menceritakan tentang seorang keluarga yang memiliki kekuatan supranatural seperti kemampuan menampung dan menahan lautan lewat mulutnya.

5. A Billion Balconies Facing the Sun â?? Manic Street Preachers

Lagu ini terinspirasi dari novel karya J.G. Ballard yang berjudul â??Cocaine Nightsâ?. Lagu ini pun dibantu oleh ex-bassist Gun Nâ?? Roses, Duff McKagan.

6. Among the Living â?? Anthrax

Anthrax menulis lagu ini karena terinspirasi oleh salah satu novel terbaik Stephen King yang berjudul â??The Standâ?. Dalam buku tersebut diceritakan tentang penyebaran sebuah virus, lalu Anthrax pun menuliskan kalimat â??Disease! Disease! Spreading the disease!â? pada liriknya.

7. One â?? Metallica

Lagu â??Oneâ? terinspirasi dari novel tahun 1939 karya Dalton Trumbo yang berjudul â??Johnny Got His Gunâ?. Aplikasi cerita novel yang menceritakan tentang locked-in syndrome ini berhasil dituangkan ke dalam lirik â??Oneâ?.

8. Mystery Disease â?? MGMT

Andrew Van Wyngarden menyatakan bahwa lagu ini terinspirasi dari buku Steven Martin yang berjudul “Opium Fiend”, yang menceritakan tentang perjalanan dan pengalaman Martin di negara-negara Asia Tenggara dengan meneliti opium di beberapa negaranya.

9. Killing an Arab â?? The Cure

Lagu ini terinspirasi dari buku yang sangat terkenal berjudul â??The Strangerâ?. Buku ini ditulis oleh Albert Camus dan dicetak pada tahun 1942. Buku tersebut juga mendapatkan hadiah Nobel untuk literatur pada tahun 1957. Buku ini menceritakan tentang seseorang yang terbunuh di salah satu pantai di Arab, kemudian ada gejolak dari perasaan atas kematian seseorang tersebut.

10. Chapter 24 â?? Pink Floyd

â??Chapter 24â? ditulis oleh Syd Barrett dan liriknya terinspirasi dari buku kuno China yang berjudul â??I Ching (The Book of Changes)â?. Buku ini menceritakan tentang perbandingan sistem dan nilai budaya barat dan timur yang diinterpretasikan oleh Barrett menjadi sangat puitis. (tom)