Biasanya, film lebih mudah memberi pengaruh langsung kepada para penontonnya lewat cerita yang disajikan. Terlebih dengan film yang beralur cerita sedih.

Tentu saja, penonton akan dibuat menangis saat menonton film tersebut. Tak hanya kaum wanita saja yang terharu menyaksikan film bergenre pilu, para pria juga menangis saat menonton film yang berhasil menyentuh perasaannya. Berikut adalah 5 film yang membuat para pria menangis.

1. Shawshank Redemption

Shawshank Redemption (1994)
Shawshank Redemption

Seorang bankir bernama Andy Dufresne (Tim Robbins) dijebak atas pembuhuhan ganda yang tak ia lakukan pada 1940-an. Hukumannya, ia harus mendekam di penjara Shawshank seumur hidup. Di situlah ia bertemu dengan berbagai karakter penghuni penjara. Salah satunya bernama Red (Morgan Freeman), yang memberi pelajaran mengenai bagaimana tetap bersemangat dalam menjalani hidup, serta moral yang dijunjung tinggi antarnarapidana.

2. The Pianist

The Pianist (2002)
The Pianist

Seorang pemain piano bernama Wladyslaw Szpilman (Adrien Brody), berusaha bertahan hidup ketika Nazi mulai mengepung kotanya di Warsawa. Suatu hari, tanpa disangka, karena keahliannya bermain piano, nyawanya diselamatkan oleh seorang perwira Nazi yang memang terkesan oleh permainan piano Szpilman.

3. Philadelphia

Philadelphia (1993)
Philadelphia

Seorang pengacara bernama Andrew Beckett (Tom Hanks) mengungkapkan kepada perusahaannya bahwa dirinya mengidap HIV/AIDS. Bukan itu saja, ia juga mengaku dirinya gay. Tak lama setelah ia mengakui kedua hal itu, dirinya dipecat dengan alasan tak masuk akal. Merasa diperlakukan tidak adil, ia menyewa seorang pengacara yang justru benci kepada kaum gay. Joe Miller (Denzel Washington) akhirnya mampu memenangkan kasus melawan perusahaan Andrew.

4. Million Dollar Baby

Million Dollar Baby (2004)
Million Dollar Baby

Maggie Fitzgerald (Hilary Swank) yakin dirinya mampu menjadi petinju profesional meskipun ia wanita. Awalnya, tekadnya ini tak dihiraukan oleh Frankie Dunn (Clint Eastwood), yang diminta melatih Maggie. Namun, dengan bantuan Frankie dan asistennya (Morgan Freeman), Maggie mampu membuktikan kepada dunia bahwa dirinya bisa menjadi petinju profesional dengan hanya bermodalkan kepercayaan diri.

5. Life is Beautiful

lib
Life is Beautiful

Tak ingin melihat anaknya trauma, seorang pria bernama Guido, keturunan Italia-Yahudi, berusaha membuat kejadian penangkapannya ke perkumpulan Yahudi menjadi suatu permainan. Hingga akhir hayatnya, ia membuat dirinya seolah-olah berada dalam sebuah permainan bersama anaknya, dengan hadiah sebuah tank besar pada akhirnya. (nha)