Objek wisata yang ada di Indonesia memang indah, namun beberapa di antaranya juga ada yang menyimpan misteri. Kemisteriusan tersebut justru mengundang para wisatawan penyuka misteri untuk mengunjungi tempat tersebut. Salah satu tempat wisata yang memiliki misteri adalah Gunung Padang.

Kemisteriusan Gunung Padang, baik dari sisi sejarah, geologi, maupun arkeologi, menjadi berkah tersendiri bagi sektor pariwisata. I Gde Pitana, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengatakan Gunung Padang merupakan situs megalitik yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata budaya.

Dilansir Kompas, Kamis (27/2/2014), gunung yang terletak di perbatasan Cianjur, Jawa Barat tersebut awalnya diduga memiliki bangunan berbentuk piramida, layaknya piramida di Mesir. Namun Pitana mengatakan, Gunung Padang bukanlah bentukan piramida seperti yang selama ini dirumorkan mengingat Indonesia tidak memiliki budaya piramida. Gunung Padang itu berupa punden berundak pada satu sisi, sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa menyimpulkan bentuk sebenarnya dari Gunung Padang tersebut.

Meski demikian, rumor yang berkembang di masyarakat terkait penemuan Gunung Padang tersebut mampu menarik minat wisatawan mengunjungi Gunung Padang, dan menurut Pitana hal tersebut cukup positif. Anda menyukai tempat bersejarah dan penuh misteri? Maka Anda harus datang ke Gunung Padang ini. (tom)