Robot biasanya digunakan untuk membantu manusia mempermudah pekerjaannya. Kali ini, robot memiliki fungsi lain, yang jelas lebih berguna, terutama di negara yang mayoritas Muslim seperti di Indonesia.

Seorang guru sekolah dasar di Iran telah menemukan cara menarik untuk mendorong anak-anak belajar mengucapkan bacaan salat sehari-hari, yakni dengan menggunakan robot. Dilansir Al-Arabiya, Jumat (28/2/2014), guru bernama Akbar Rezaie yang berusia 27 tahun tersebut mengikuti kelas khusus robotik dan belajar untuk mengembangkan serta merakit robot yang dibentuk layaknya manusia.

Ide membuat robot ini muncul pertama kali ketika dia melihat sebuah boneka buatan Barat bisa menari dan menyanyi. Dia membangun robot ini untuk memberikan praktik keagamaan bagi murid-muridnya. Akbar membangun robot itu di rumahnya dengan peralatan sederhana dan memberikan nama robot ciptaannya itu ‘Veldan’, sebuah istilah dalam Alquran yang berarti ‘Pemuda dari Surga’.

Veldan adalah sebuah robot layaknya manusia dan dibuat menggunakan perangkat pendidikan dari produsen robot asal Korea, Robotis Bioloid. Dengan menerapkan beberapa modifikasi mekanik seperti menambahkan dua mesin tambahan, Akbar berhasil membuat robot itu melakukan gerakan salat seperti bersujud dengan lebih mudah.

Akbar menggambarkan robot itu sebagai bantuan pendidikan untuk para guru. Dia juga percaya robot itu sejauh ini telah berhasil menarik para siswa, dan harus diproduksi secara massal. Akbar juga telah resmi mendaftar hak paten atas penemuan robotnya itu dan hak kekayaan intelektual di Organisasi Negara untuk Pendaftaran Akte dan Properti, sebuah badan yang bertanggung jawab atas pengakuan penemuan. (tom)