Es puter adalah es yang sering dijual di depan sekolah-sekolah dengan rasa khas dan enak. Harganya juga tidak mahal, sehingga semua orang dari berbagai kalangan bisa membelinya.

Tahukah Anda, ternyata es puter merupakan es khas Indonesia yang termasuk salah satu kekayaan kuliner dari Tanah Air. Meskipun awalnya berasal dari Belanda, orang Indonesia cukup kreatif membuat es puter dalam versi yang lebih cocok untuk lidah. Anda tidak akan menemukan es ini di negara lain.

Seperti dilansir Antara News, Jumat (28/2/2014), pakar kuliner Bondan Winarno menyebut es puter sebagai es tradisional yang telah menjadi identitas Indonesia. “Es puter cuma ada di Indonesia, di negara lain tidak ada. Saya pergi ke Malaysia pun adanya hanya es potong, bukan es puter,” katanya.

Bondan menjelaskan es puter sebetulnya adalah adaptasi es krim yang diperkenalkan sejak zaman Belanda. “Orang Indonesia ini kan pintar mengadaptasi berbagai macam kuliner, termasuk es krim yang tadinya dari susu, tapi ini menggunakan santan,” ujarnya.

Menurut dia, es puter juga memiliki daya tarik yang tidak dimiliki es krim buatan luar negeri, seperti dalam cara pembuatan dan penyajian. “Es puter sudah populer. Kalau kita amati, di setiap acara entah itu pernikahan pasti ada es puter dibandingkan es krim. Cara ‘nyiduknya’ itu lebih ‘fun’ dibanding es krim yang sudah ada di mangkuk-mangkuk kecil,” tutupnya. (nha)