Ice cream merupakan salah satu makanan yang disukai berbagai lapisan usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tahukah Anda? Ternyata, ice cream punya sejarah panjang dalam penciptaan dan evolusinya.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak cerita unik seputar ice cream. Seperti dikutip Policymic, Jumat (28/2/2014), di bawah adalah 5 fakta unik tentang ice cream.

1. Penemuan es krim tidak bisa dipastikan sejarah

Siapa sangka, penemuan es krim memiliki beberapa versi. Pertama, ice cream ditemukan pada masa Kaisar Romawi Nero yang hidup di abad 54 atau 68 sebelum masehi. Kala itu, kaisar meminta anak buahnya untuk pergi ke pegunungan dan mengambil salju. Salju ini kemudian dicampur dengan nektar, buah, dan madu lalu dimakan. Cerita lainnya mengatakan, ice cream berasal dari daratan Tiongkok tepat pada pada masa dinasti di tahun 618-907. Raja Tang of Shang meminta es dibawa ke istana dan dijadikan hidangan dari susu fermentasi yang dipanaskan (koumiss), tepung, dan kamper.

2.Ice cream sangat digemari di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, masyarakat bisa mengkonsumsi es krim rata-rata 20 liter per tahun. Ini setara dengan lima galon susu.

3. Rasa vanila adalah rasa terpopuler

Ternyata, rasa vanila menduduki 20-29% dari rasa yang ada, dan selanjutnya adalah rasa coklat. Namun ada salah satu produsen ice cream, yaitu Ben and Jerry, bisa membuat es krim sampai 46 rasa.

4. Kapan ice cream con diciptakan?

Ice cream yang menggunakan waffle sebagai tempat es ini bermula pada gelaran World Fair 1904 di St Louis. Sekitar tujuh pihak mengklaim menemukan wafel kerucut untuk ice cream ini. Salah satunya adalah Ernest Hamwi, vendor konsesi Suriah, yang mengubah kue wafel menjadi wadah ice cream.

5. Kerucut ice cream terbesar berukuran 2,81 meter

Kerucut ice cream dengan tinggi 2,81 meter ini dibuat oleh Mirco Della Vecchia dan Andrea Andrighetti dari Italia. Di atasnya ditutup dengan coklat putih hingga 700 kilogram dan dihiasi 2.000 biskuit wafel bulat. (nha)