Bahagia itu sederhana. Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata itu, dan hal itu benar adanya. Ada satu hal sederhana yang dapat membuat Anda bahagia tanpa Anda sadari, yaitu tidur.

Menurut para ilmuwan dalam sebuah penelitian di University of Toronto Scarborugh, mengatur pencahayaan di kamar tidur dapat membuat Anda jauh lebih berbahagia. Tidur di ruangan menyala cenderung membuat Anda sulit tidur dan emosi jadi naik turun. Alhasil, Anda tidak akan merasa nyaman dan mengalami tekanan. Terangnya cahaya meningkatkan perasaan negatif dan menghambat kemampuan untuk berpikir jernih.

Dilansir iVillage.com, Sabtu (1/3/2014), penelitian tersebut membagi partisipan dalam dua ruangan yang berbeda saat tidur. Sebagian di ruangan gelap, sebagian lagi di ruangan terang. Dan setelah diminta meneliti bagaimana emosi mereka, ditemukan bahwa mereka yang tidur di dalam kondisi gelap jauh lebih merasa rileks dan nyaman. Emosi mereka stabil dan tidak mudah terganggu oleh kalimat-kalimat negatif sekalipun.

Alison Jing Xu, asisten profesor manajemen di UTSC juga menjelaskan bahwa efek cahaya terang pada sistem emosional memungkinkan menanggapi kalimat dengan cara negatif. Reaksi emosi jadi meningkat dari berbagai jenis stimulus. Sementara perasaan yang muncul ketika tidur dalam kondisi gelap adalah perasaan bahagia seperti saat Anda menerima bunga, cincin, cokelat, dan hadiah yang membuat mood meningkat. (tom)