Kebanyakan orang, mungkin termasuk Anda, akan berpikir hingga puluhan kali untuk mendonorkan darah, atau organ tubuh Anda untuk orang lain yang tidak Anda kenal.

Di Cina, pria bernama Pan Weizhong rela menyiapkan dirinya untuk menjadi donor sumsum bagi orang lain. Dilansir Vemale, Senin (3/3/2014), demi bisa mendonorkan sumsumnya, Pan rela meninggalkan rokok, minuman keras dan diet hingga turun 22 kg.

Pan dengan senang hati menyiapkan diri setelah ia mendapatkan telepon dari Palang Merah yang mengatakan bahwa darah Pan cocok dengan seorang pasien yang saat ini sedang sakit, Han Guilin.

Dengan mantap Pan mengiyakan bahwa dia bersedia menyumbang sumsum miliknya. Demi hal tersebut, Pan mengatakan bahwa dirinya menggalakkan gaya makan yang lebih sehat, menolak ajakan jajan hingga berhenti minum dan merokok. Akhirnya setelah bertekad kuat, Pan berhasil turun 22 kg dari berat sebelumnya dan akhirnya berhasil menyumbangkan sumsumnya pada Han.

Han dan Pan tak bisa bertemu karena ketentuan donor organ tubuh menjaga kerahasiaan penerima dan pemberi organ. Han sangat berterima kasih pada pendonornya, sementara Pan merasakan kepuasan tersendiri ketika dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain. (tom)