Tentunya Anda mengenal atau bahkan sering memakan makanan yang bernama nasi goreng. Banyak yang mengira kalau makanan ini adalah asli Indonesia, namun tahukah Anda kalau ternyata makanan ini justru berasal dari Cina?

Dilansir Sidomi, Kamis (6/3/2014), makanan ini diduga menjadi makanan khas masyarakat Tionghoa (Cina). Nasi goreng mulai muncul pada tahun 4 ribu SM. Saat itu masyarakat Tionghoa membuat menu ini dari nasi sisa. Masyarakat kurang menyukai nasi dingin dan kebanyakan membuang nasi sisa tersebut . Hingga akhirnya, ada sebagian orang yang mencoba mengolah kembali nasi dingin ini untuk bisa disantap kembali daripada terbuang percuma. Jadilah kemudian menu nasi goreng.

Resep tradisional tersebut kemudian mulai tersebar ke negara-negara lain, termasuk Asia Tenggara. Untuk di negara-negara Asia Tenggara, masakan ini dibawa oleh perantau dari Cina yang kemudian memadukannya memakai bumbu lokal. Cara menggorengnya pun bisa berlainan. Oleh sebab itu, sangat mungkin rasa nasi goreng bisa berbeda di tiap-tiap negara.

Di Indonesia, nasi goreng dibuat dengan menambahkan nasi putih bersama bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada, kecap manis, dan bumbu lainnya. Sebagai lauk diberikan telur dan potongan daging ayam. Anda juga bisa menambahkan kerupuk agar lebih lengkap.

Menurut jejak pendapat yang dilakukan CNN International pada tahun 2011 lalu, nasi goreng termasuk ke dalam â??50 Makanan Terlezat di Duniaâ? setelah menu rendang. (tom)