Mitos berasal dari bahasa Yunani yang artinya sesuatu yang diungkapkan. Mitos adalah cerita bersifat simbolik yang mengisahkan serangkaian cerita nyata yang terbentuk di suatu masyarakat.

Mitos bisa berisi asal usul alam semesta, dewa-dewa, supranatural, pahlawan, atau masyarakat tertentu yang memiliki tujuan untuk meneruskan dan menstabilkan kebudayaan, memberikan petunjuk hidup, melegalisir aktivitas kebudayaan, pemberian makna hidup dan pemberian model pengetahuan guna menjelaskan hal-hal diluar pikiran manusia. Berikut 5 mitos yang diyakini pada zaman dulu.

1. Burung Hantu

Burung Hantu
Burung Hantu

Mitos menyebutkan bahwa Burung Hantu tidak pernah berburu pada siang hari karena mata mereka tidak sanggup menangkap cahaya. Namun pada faktanya, makanan favorit Burung Hantu adalah tikus. Seperti yang kita ketahui, tikus adalah binatang nokturnal, yaitu aktif di malam hari.

2. Kucing Hitam

Kucing Hitam
Kucing Hitam

Hampir mayoritas orang di berbagai belahan dunia meyakini bahwa kucing hitam membawa malapetaka. Sementara di Inggris, kucing hitam justru dianggap membawa keberuntungan.

3. Batu Turquoise

Batu Turquoise
Batu Turquoise

Suku Aztec percaya bahwa batu turquoise mampu melindungi manusia dari serangan fisik, sehingga para prajurit Aztec menghiasi tameng perang mereka dengan batu tersebut.

4. Kartu AS

Kartu AS
Kartu AS

Dalam permainan kartu, kartu As Sekop melambangkan kematian.

5. Lempar Wanita Cantik ke Gunung

Lempar Wanita
Lempar Wanita

Dahulu kala, masyarakat Nikaragua percaya bahwa melemparkan seorang wanita muda yang cantik ke dalam gunung berapi dapat membuatnya berhenti meletus. (nha)