Biasanya yang bekerja di pagi hari sarapannya selalu ditemani oleh secangkir kopi, dengan alasan agar tidak mengantuk saat bekerja. Namun ternyata kopi memiliki efek samping terutama jika diminum pagi hari?

Dilansir Care2.com, Jumat (7/3/2014), ternyata kopi tidak disarankan untuk diminum di antara jam 8-9 pagi. Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa pada jam tersebut, tubuh sedang memproduksi hormon kortisol.

Hormon tersebut bermanfaat untuk meningkatkan energi pada tubuh secara alami. Apabila Anda mengonsumsi kafein, maka kafein tersebut akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Hanya saja, bukan tambahan energi yang Anda dapatkan, melainkan kecemasan dalam diri Anda yang akan meningkat. Akibatnya, menjelang jam makan siang Anda akan merasa sangat lelah akibat memforsir energi dan berusaha keras mengatasi kecemasan di tubuh.

Jika Anda masih suka meminum kopi di pagi hari, sebaiknya mulai sekarang ubah kebiasaan Anda itu. Waktu paling baik untuk meminum kopi adalah saat siang hari, ketika tubuh sudah kelelahan. Sementara untuk sarapan, disarankan mengkonsumsi segelas air hangat dicampur dengan air lemon. Ramuan ini dikabarkan dapat membantu membersihkan pencernaan, memperlancar buang air besar dan membuat tubuh lebih segar. (tom)