Beras Jepang yang butirannya pendek dan bulat terkenal menghasilkan nasi yang sangat pulen. Kini Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi beras tersebut, karena beras tersebut kini sudah mengantongi sertifikat halal.

Beras yang bernama Akita Komachi itu menurut erusahaan pangan Feed Innovation Inc. dan perusahaan pertanian Hosana Kikaku di prefektur Akita, Jepang, merupakan beras bersertifikasi halal pertama dan satu-satunya di Jepang.

Dilansir Detik, Minggu (9/3/2014), Akita Komachi adalah varietas beras yang paling terkenal di Jepang setelah beras Koshihikari. Akita Komachi tak begitu lengket seperti Koshihikari, namun sering digunakan dalam pembuatan sushi, mochi, dan onigiri.

Perusahaan Jepang menaruh harapan tinggi terhadap pasar Islam. Pasalnya, pasar domestik akan terus menyusut karena populasi semakin menua sementara angka kelahiran terus merosot. Koki Sato, presiden Feed Innovation Inc. mengatakan kalau mereka ingin turis Muslim yang datang ke Jepang mengetahui kelezatan beras tersebut.

Feed Innovation berharap bisa mengirimkan setidaknya 20 ton beras halal musim ini. Perusahaan ini juga ingin segera memulai ekspor ke Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, di mana makanan Jepang cukup populer. (tom)