Kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama anak muda, mengenakan celana jeans untuk bepergian atau untuk kuliah. Namun tahukah Anda asal-usul celana jeans serta fakta lainnya? Berikut adalah 5 fakta unik mengenai celana jeans, yang dilansir dari Merdeka, Kamis (13/3/2014).

1. Asal Celana Jeans

Bahan jeans berasal dari Genoa, Italia, yang saat itu terkenal dengan kain korduroinya. Bahan jeans sendiri sangat mirip dengan kain korduroi. Kabarnya, bahan jeans dulunya bukan digunakan sebagai bahan celana, namun digunakan untuk menutupi dan melindungi barang-barang pelaut Genoa di dermaga agar aman dari perubahan cuaca. Kata jeans sendiri diperkirakan berasal dari bahasa Prancis, Genes, yang berarti Genoa.

2. Denim, KW dari Jeans

Popularitas jeans membuat para penenun di kota Nimes, Prancis, tertarik untuk mencoba mereproduksi kain yang persis dengan jeans buatan Genoa. Setelah melalui berbagai eksperimen, meskipun tidak berhasil membuat jeans, mereka sukses mengembangkan kain jenis lain yang dikenal sebagai denim. Kata denim sendiri berasal dari nama kota tempat kain itu dibuat, Nimes. Kain ini diciptakan oleh keluarga Andre yang awalnya menamakannya serge de Nimes, tetapi kemudian disingkat denim.

3. Tokoh di Balik Perkembangan Jeans

Tokoh yang dianggap sebagai orang yang berperan penting dalam sejarah perkembangan jeans di dunia adalah Levi Strauss dan Jacob Davis. Perjumpaan Levi dan Jacob terjadi pada 1872, ketika Jacob, yang seorang penjahit yang sering membeli kain di toko grosir Levi Strauss&Co, mencoba menyurati Levi untuk mengajaknya bermitra. Jacob mengajak Levi untuk membuat pakaian yang diperkuat dengan paku keling. Levi menerima tawaran Jacob dan keduanya kemudian menerima hak paten untuk ide mereka pada 20 Mei 1873. Tanggal tersebut kini dianggap sebagai hari ulang tahun resmi dari blue jeans.

4. Penambang Emas Identik dengan Celana Jeans

Pada tahun 1848, ketika emas ditemukan di California (tidak terlalu jauh dari San Francisco), banyak orang beramai-ramai memburu emas ke kota tersebut. Para penambang pun kemudian mencari pakaian yang kuat dan tidak mudah robek. Dan jeans merupakan salah satu bahan yang dianggap kuat dan tidak gampang robek, sehingga mereka pun menggunakan celana jeans ketika ingin pergi menambang emas.

5. Jeans Dipakai oleh Koboi dan Tentara

Pada tahun 1930-an, industri film Hollywood dibanjiri oleh film-film bertema koboi, yang digambarkan sering memakai celana jeans. Selain itu, pada masa Perang Dunia II, celana jeans juga kerap dipakai oleh tentara Amerika Serikat ketika mereka tidak sedang bertugas. Kemudian setelah perang berakhir, Levi mulai menjual celana produksinya ke luar Amerika Barat. Wrangler dan Lee, adalah beberapa perusahaan yang mulai menyaingi perusahaan Levi dalam memasarkan jeans. (tom)