Penglipuran, Salah Satu Desa Tercantik di Indonesia


Meski di Indonesia terdapat kota-kota besar, nuansa desa yang asri masih bisa ditemukan. Salah satunya adalah Desa Penglipuran, yang terletak di Bali.

Suasana Desa Penglipuran
Suasana Desa Penglipuran

Bersih, tanpa kendaraan, dan luar biasa indah. Tiga kata itu mungkin bisa mewakili keberadaan Desa Penglipuran, yang terletak di Kabupaten Bangli. Desa ini merupakan salah satu desa tercantik, tak hanya di Bali tapi juga di Indonesia. Dilansir Detik, Kamis (13/3/2014), kata ‘Penglipuran’ berasal dari ‘Pengeling Pura’ yang artinya ‘tempat suci untuk mengenang para leluhur’.

Suasana Desa Penglipuran
Suasana Desa Penglipuran

Di desa ini, rumah-rumah setipe berderet di jalanan menanjak. Suasana hijau sangat terasa, mobil dan motor tak boleh masuk ke dalam desa. Semua kendaraan memang diparkir dekat gapura, sehingga Penglipuran bebas dari asap knalpot.

Suasana Desa Penglipuran
Suasana Desa Penglipuran

Terdapat sekitar 200 rumah di desa ini. Anda tidak hanya bisa melihat bentuk luarnya saja, namun Anda juga bisa masuk ke dalam rumah tersebut. Tiap rumah punya pintu masuk yang serupa, bernama ‘angko-angko’ yang terbuat dari tanah liat. Di pinggir angko-angko terdapat papan berisi informasi nama pemilik rumah dan anggota keluarga. Angko-angko sengaja dibuat tak terlalu lebar, agar sepeda motor tak bisa masuk ke dalamnya. Selain angko-angko, tiap rumah di desa ini juga punya bale-bale dan pura mini.

Pura mini yang ada di Desa Penglipuran
Pura mini yang ada di Desa Penglipuran

Saking indahnya, desa ini kerap kali digunakan sebagau tempat untuk syuting film, terutama FTV. Anda juga bisa mengambil foto pemandangan desa indah ini, namun Anda harus meminta izin terlebih dahulu jika ingin memotret warga sekitar, dan jangan memotret dari depan jika ia sedang bersembahyang dalam pura. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak