Rupanya, desa serba biru yang terdapat di cerita film animasi ‘Smurf’, bukan cuma kisah fiksi belaka lho. Di selatan Spanyol ada desa kecil bernama Juzcar yang disulap menjadi ‘desa Smurf’.

Dilansir Telegraph Travel, Kamis, (13/3/2014) penghuni desa itu kurang dari 200 orang. Dulu desa yang berada di Provinsi Malaga, Andalusia ini hanyalah sebuah pemukiman biasa bercat putih seragam dan tidak ada sisi menariknya sama sekali.

Namun, sejak munculnya film animasi ‘Smurf’, penduduk setempat mengadakan selebrasi menyambut kehadiran film tersebut. Mereka menyulap desa jadi serba biru.┬áPenduduk setempat telah merenovasi desa ini menghabiskan 4.000 liter cat biru.

Pada Desember 2011, ada tawaran menarik dari Sony Pictures yang memproduksi film tersebut. Tawaran itu jadi kabar baik bagi penduduk setempat karena mereka berniat makin mempercantik Juzcar.

Akhirnya desa tersebut dicat ulang dan ditambah pernak-pernik patung Smurf dari gerbang masuk desa sampai ke ujungnya. Selain serba biru, jejeran rumah-rumah itu adanya di atas bukit.

Semenjak jadi desa wisata, desa ini menyiapkan homestay dan hotel untuk wisatawan yang ingin bercengkrama lebih lama dengan penduduk sekitar. (nha)