Tiap negara umumnya memiliki bangunan yang digunakan sebagai icon dari negara tersebut. Namun beberapa bangunan tersebut ternyata ada kembarannya, atau lebih tepatnya replikanya. Berikut 5 bangunan terkenal di dunia yang ada replikanya, dilansir dari Merdeka, Jumat (14/3/2014).

1. Gedung Putih

Gedung Putih
Gedung Putih

Gedung Putih bisa dikatakan sebagai rumah Presiden Amerika Serikat. Gedung ini ternyata memiliki replika, yang lokasinya tidak jauh dari Gedung Putih yang asli serta memiliki ukuran yang lebih kecil dari aslinya. Replika rumah presiden Amerika ini dijual dengan harga USD 4,65 juta atau sekitar Rp 53 miliar. Eksterior bangunan ini bahkan memiliki tingkat kemiripan yang mencolok dengan aslinya.

Replika Gedung Putih
Replika Gedung Putih

2. Mount Rushmore National Memorial

Mount Rushmore National Memorial
Mount Rushmore National Memorial

Tebing yang berukirkan wajah empat Presiden Amerika Serikat ini cukup terkenal, baik di negara asalnya maupun di luar negeri. Sementara replika monumen ini berada di sebuah taman di Chongqing, Cina. Pemerintah Cina sengaja membangun replika itu untuk menghormati orang-orang Amerika yang membantu Cina untuk mengalahkan Jepang saat perang.

Replika Mount Rushmore National Memorial
Replika Mount Rushmore National Memorial

3. Stonehenge

Stonehenge
Stonehenge

Stonehenge adalah monumen prasejarah yang terletak di Wiltshire, Inggris. Hingga kini, misteri mengenai siapa pembuatnya dan untuk apa bangunan ini dibuat masih belum terpecahkan. Replika monumen ini terletak di Washington, Amerika Serikat. Replika tersebut dibangun dengan ukuran yang sama seperti aslinya oleh seorang pengusaha bernama Samuel Hill pada tanggal 4 Juli 1918 sebagai monumen pertama untuk menghormati mereka yang tewas dalam Perang Dunia I.

Replika Stonehenge
Replika Stonehenge

4. London’s Tower Bridge

Londons Tower Bridge
London’s Tower Bridge

Tower Bridge adalah sebuah jembatan yang menjadi salah satu landmark kota London, Inggris. Jembatan ini melintasi Sungai Thames dan berada dekat dengan Tower of London. Replika London’s Tower Bridge dapat ditemui di Suzhou, Cina. Bedanya, Tower Bridge versi Cina tidak memungkinkan kapal untuk lewat di bawahnya.

Replika London's Tower Bridge
Replika London’s Tower Bridge

5. Taj Mahal

Taj Mahal
Taj Mahal

Taj Mahal adalah sebuah bangunan bersejarah yang berlokasi di Agra, Uttar Pradesh, India. Bangunan ini dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Sementara replika Taj Mahal terletak di Bangladesh dan dibangun oleh Ahsanullah Moni, seorang pembuat film yang kaya. Pembuatan replika Taj Mahal tersebut menelan biaya sebesar USD 56 juta atau sekitar Rp 639 miliar.

Replika Taj Mahal
Replika Taj Mahal

(tom)