Nikmatnya Pisang Rai Khas Bali

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling populer di seluruh dunia dan disukai oleh hampir seluruh lapisan rakyat dunia. Banyak variasi menu yang bisa dihasilkan dari pisang. Salah satunya adalah pisang rai.

Dilansir Trik Memasak, Minggu (16/3/2014), pisang rai merupakan jajanan khas Bali yang sering kali ditemui di berbagai pasar tradisional. Makanan ini terdiri dari buah pisang yang dibalut oleh adonan tepung beras yang kemudian direbus atau dikukus, lalu dipotong-potong menyerong.

Makanan ini biasanya dihidangkan dengan taburan kelapa parut, sehingga terdapat rasa gurih di dalamnya. Biasanya adonan tepung beras diberi sedikit daun pandan sehingga berwarna hijau, kontras dengan warna buah pisang yang kekuningan. Tetapi ada pula di beberapa tempat yang tetap menggunakan warna alami adonan tepung beras, yaitu putih pekat.

Kue jajanan yang terkenal sejak tempo dulu di Bali ini biasanya digunakan sebagai sajian di pura ataupun acara-acara tradisional adat Bali. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kue basah ini dapat dinikmati kapanpun sebagai camilan ataupun hidangan penutup setelah makan. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Lihat Keindahan Mitchell Falls Lebih Dekat

Makanan yang Sudah Jatuh Dimakan Lagi, Bolehkah?