Masih ingatkah Anda pada sebuah iklan yang terkenal dengan kalimat “belum lima menit…” di mana ada adegan buah jatuh di lantai, namun buah tersebut masih diperbolehkan dimakan karena lantai baru saja dibersihkan? Apakah sebenarnya makanan yang sudah jatuh ke lantai walaupun cuma sebentar boleh dimakan?

Dilansir womenshealthmag.com, Minggu (16/3/2014) aturan ini bahkan juga dipercaya orang-orang di negara maju. Peneliti kemudian penasaran dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dipakailah tiga media, yang pertama karpet, lantai keramik, dan media terakhir lantai dengan bahan dan tekstur berbeda seperti lantai semen.

Pada ketiga media, diletakkan bakteri Escherichia coli yang umum (juga dikenal sebagai E. coli) dan Staphylococcus aureus. Kemudian, makanan dijatuhkan dan dalam waktu tak sampai 5 detik, makanan diangkat serta diperiksa dengan menggunakan mikroskop.

Hasilnya, makanan yang jatuh ke keramik dan semen sudah terdapat bakteri yang mengkontaminasi makanan. Bakteri tersebut bisa masuk ke dalam perut dan menyebabkan berbagai macam penyakit perut, salah satunya adalah diare yang cukup parah. Sementara itu, makanan yang jatuh ke karpet terbukti masih bisa diselamatkan. Bakteri tidak sampai mengontaminasi makanan yang jatuh ke karpet apabila makanan dipungut tak sampai 5 detik.

Kesimpulannya, tidak disarankan memungut lagi makanan yang jatuh ke lantai, tanah maupun karpet untuk dimakan lagi. Lebih baik mencegah semua kontaminasi bakteri yang terbawa oleh makanan agar tubuh tidak sampai sakit. (tom)