Tata surya terdiri dari kumpulan benda-benda langit yang tersusun dari sebuah bintang besar yang dikenal dengan matahari, dan semua benda-benda langit yang dipengaruhi oleh gravitasi matahari tersebut.

Semakin canggihnya jaman, pesawat-pesawat antariksa tak berawak pun telah menjelajah planet-planet jauh di tata surya. Dari sana, terlihatlah fenomena yang luar biasa menakjubkan yang terdapat di beberapa planet tata surya.

Pemandangan indah pun terekam pada tempat-tempat ini. Tak heran, tempat-tempat ini disebut sebagai tempat wisata yang terletak di planet tata surya. Berikut 5 tempat wisata di planet tata surya.

1. Jupiter Red Spot

Jupiter Red Spot
Jupiter Red Spot

Hanya sebagian kecil dari Spot Merah Besar Jupiter dapat dilihat. Dengan tinggi sedikitnya delapan kilometer di atas awan dibawahnya. Petir yang bisa menghancurleburkan kota berderak menggelegar ke dalam awan rendah. Angin di tepi luar dari pusaran anticyclone berkecepatan lebih dari 400 kilometer per jam. Badai berputar berlawanan setiap tujuh hari sekali. Bahkan, turbulensi yang diciptakan oleh mega badai ini sangat kuat.

2. Valles Marineris, Mars

Valles Marineris, Mars
Valles Marineris, Mars

Tempat ini diberi nama Lembah Mariner. Dengan kedalaman lembah empat mil dan begitu sangat lebar hingga di beberapa tempat membuat Anda harus melakukan peregangan untuk melihat sisi yang lain. Jika matahari terbit pada salah satu ujungnya terjadi, maka maka enam jam kemudian barulah matahari terbit di ujung lainnya. Air pun pernah mengalir melalui segmen besar luas ini.

3. Geyser Triton

Geyser Triton
Geyser Triton

Pengunjung bulan terbesar dari planet Neptunus, Triton, akan melihat takjub array cryogeysers yang mungkin terdiri dari nitrogen beku dan senyawa organik gelap. Suara Geyser yang tampak berasap ini bisa terdengar dari jauh hingga beberapa kilometer saat menyembur lebih dari 8.000 meter ke dalam atmosfer tipis. Metana dan nitrogen es menutupi permukaan yang bersuhu hampir -200 derajat Celcius.

4. Matahari Terbit di Merkurius

Matahari Terbit di Merkurius
Matahari Terbit di Merkurius

Matahari terbit dan terbenam di Merkurius menjadi tontonan yang menarik untuk dilihat. Matahari akan terlihat sekitar dua dan satu setengah kali lebih besar daripada yang terlihat di bumi, matahari akan terbit dan tenggelam dua kali selama satu hari Mercurian. Manuver matahari ini terjadi karena Merkurius berputar tiga kali untuk setiap dua kali mengelilingi matahari dan karena orbit Merkurius sangat elips.

5. Kawah Herschel di Mimas

Kawah Herschel di Mimas
Kawah Herschel di Mimas

Petualang mendaki puncak di pusat kawah Herschel di Mimas, salah satu satelit Saturnus akan menemukan diri mereka lebih dari 6.000 meter di atas lantai jurang itu. Tempat ini dikelilingi oleh dinding kawah, yang berdiri anggun hampir 5.000 meter, dan dengan pemandangan planet Saturnus di latar belakang. (nha)