Selain melindungi payudara, bra juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh, menyangga payudara, dan meningkatkan kepercayaan diri wanita. Tidak jarang wanita yang salah membeli bra, dengan alasan salah pilih ukuran, memilih yang termurah, atau karena kepincut desain yang cantik. Berikut adalah 5 tanda Anda salah membeli bra, dikutip dari Vemale, Kamis (20/3/2014).

1. Meninggalkan bekas kemerahan

Seperti yang telah diketahui, ukuran bra ada bermacam-macam. Ukuran tersebut menunjukkan berapa lingkar dada Anda di bawah payudara, bukan ukuran payudara Anda. Bila ukuran bra tidak pas atau kekecilan, maka bra tersebut akan meninggalkan bekas kemerahan pada kulit Anda.

2. Cup bra mengerut

Ada beberapa bra yang cup-nya mengerut ketika dicuci. Ada dua penyebab hal tersebut bisa demikian. Yang pertama, bahan dan kualitasnya kurang bagus, dan yang kedua Anda salah mencucinya. Bra dengan bantalan yang agak tebal biasanya yang mudah sekali berkerut apabila kualitas bahannya kurang baik. Hindari memilih jenis ini karena bra tersebut kurang maksimal menyangga payudara.

3. Tali bra terlalu longgar

Terkadang ada tali bra yang dimiliki oleh seorang wanita melorot dan keluar dari baju. Itu adalah tanda wanita membeli bra yang salah. Tali bra yang nyaman akan menempel pada tubuh Anda dan tidak mudah melorot setelah disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Sebaiknya bahan talinya juga harus nyaman di kulit, dingin, serta tidak membuat kulit iritasi.

4. Bra naik turun ketika Anda bergerak

Bila bra Anda bergerak naik ke atas dan keluar jalur saat Anda menaikkan tangan Anda, bisa jadi Anda salah beli bra. Penyebabnya antara lain adalah ukuran bra yang tidak pas dengan tubuh Anda atau bahan karetnya kurang berkualitas sehingga dalam beberapa kali pakai saja sudah longgar.

5. Payudara keluar dari bra

Bra yang bagus adalah bra yang menyangga serta melindungi keseluruhan payudara Anda sehingga ia tidak keluar dari cupnya. Jika payudara Anda keluar dari bra, maka disarankan mencari ukuran bra yang lebih besar. (tom)