Air terjun umumnya berada di tebing atau dekat dengan lautan. Air terjun yang satu ini berbeda, karena berada di bawah tanah. Uniknya, air terjun ini juga bisa berganti warna.

Wisatawan berfoto dengan latar Ruby Falls
Wisatawan berfoto dengan latar Ruby Falls

Air terjun bernama Ruby Falls ternyata dilengkapi dengan lampu, yang menjadikannya terlihat warna-warni. Dilansir Amusing Planet, Kamis (20/3/2014), Tempat ini terletak sekitar 341 meter di bawah permukaan tanah, tepat di bawah Lookout Mountain. Air terjun unik ini berada di dekat Kota Chattanooga, Negara Bagian Tennessee, Amerika Serikat. Ini adalah air terjun tertinggi sekaligus terdalam di AS.

Ruby Falls
Ruby Falls

Air terjun ini mengalir setinggi 44 meter sebelum menyatu dengan aliran sungai bawah tanah Tennessee River. Para peneliti percaya, Ruby Falls sudah ada 30 juta tahun yang lalu. Karena lokasinya yang sulit dijangkau, Ruby Falls tak bisa dimasuki wisatawan sampai abad ke-20. Namun akhirnya pada 1928, para peneliti menemukan gua sedalam 79 meter yang aman untuk dimasuki.

Ruby Falls
Ruby Falls

Penemu Ruby Falls adalah Leo Lambert, seorang pakar gua. Nama Ruby untuk air terjun ini berasal dari nama istrinya, yang ketika itu diajak untuk melihat air terjun temuannya. Setelah itu, sejak tahun 1935, lampu beraneka warna mulai dipasang pada lokasi ini. Hal itu menjadikan Ruby Falls sebagai air terjun bawah tanah pertama di dunia yang dilengkapi listrik. Tak lama kemudian, elevator pun ditambahkan sehingga wisatawan bisa mengunjungi tempat ini dengan lebih mudah. (tom)