Sambal ulek - Indonesia

Siapa yang tak suka dengan makanan pedas. Ya, hampir semua orang menggemari rasa yang terbuat dari campuran cabai. Bukan hanya orang Indonesia, warga negara lain pun menyukainya.

Buktinya, setiap negara memiliki masakan bercitarasa pedas. Mulai dari Eropa, Amerika, Asia, sampai Afrika menawarkan menu kuliner pedas yang wajib dicoba. Berikut 5 makanan pedas di dunia, seperti dikutip Merdeka.com.

1. Tom yum – Thailand

Tom yum - Thailand
Tom yum – Thailand

Tom yum adalah sejenis sup khas Thailand. Cita rasanya asam dan pedas karena di dalamnya terdapat banyak bumbu rempah-rempah khas Asia seperti cabai Thailand, ketumbar, dan jeruk nipis. Tom yum memiliki banyak variasi, antara lain tom yum goong yang bahan utamanya berupa udang, tom yam pla yang berbahan ikan, tom yam kung maphrao on nam khon yang berkuah santan dan terbuat dari kelapa muda.

2. Papa a la Huancaina – Peru

Papa a la Huancaina - Peru
Papa a la Huancaina – Peru

Sajian ini berupa salad kentang yang berasal dari daerah Huancayo, Peru. Papa a la Huanca dibuat dari kentang rebus, zaitun, selada, dan jagung pipil yang disiram dengan saus kental. Sausnya dibuat dari keju putih, minyak sayur, susu, dan garam yang dihaluskan. Rasa pedasnya berasal dari aji amarillo, cabai hijau Peru yang terkenal membakar lidah.

3. Lo Bok dengan cabai Sichuan – China

Lo Bok dengan cabai Sichuan - China
Lo Bok dengan cabai Sichuan – China

Makanan ini termasuk jenis salad yang disajikan dingin. Lo Bok terbuat dari lo bok, sejenis lobak China, wortel, cuka, jahe, dan irisan cabai yang dibumbui cabai sichuan. Cabai yang satu ini terkenal karena rasa pedasnya yang menggigit dan sedikit asam.

4. Vindaloo – India

Vindaloo - India
Vindaloo – India

Vindaloo adalah kari tradisional India. Makanan ini memiliki kuah kental dan kaya rasa karena di dalamnya terdapat banyak rempah-rempah, di antaranya ketumbar, cumin, dan cabai. Sebelum dimasak bersama kuahnya, daging sapi dilumuri dengan bumbu terlebih dahulu. Vindaloo sebenarnya merupakan hidangan peranakan. Namanya diambil dari masakan daging dari Portugis yang bernama carne de vinha d’alhos.

5. Sambal ulek – Indonesia

Sambal ulek - Indonesia
Sambal ulek – Indonesia

Ternyata, sambal ulek adalah makanan pedas dari Indonesia yang cukup disukai oleh turis asing. Sambal ulek sebenarnya lebih tepat kalau disebut saus, karena biasa dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan. Di Indonesia terdapat berbagai jenis sambal ulek. Indonesia bahkan memegang rekor karena memiliki variasi sambal terbanyak di dunia. (nha)