Beberapa jembatan yang berada di berbagai belahan dunia ada yang dibangun dengan teknologi tinggi dan menakjubkan, menjadikan jembatan tersebut landmark suatu negara. Berikut adalah 5 jembatan menakjubkan di dunia menurut CNN, dilansir dari Merdeka, Sabtu (22/3/2014).

1. Golden Gate Bridge

Golden Gate Bridge
Golden Gate Bridge

Jembatan ini merupakan salah satu landmark paling terkenal dari San Francisco, Amerika Serikat, dan telah dinyatakan sebagai Keajaiban Dunia Modern oleh American Society of Civil Engineers. Golden Gate Bridge membentang sejauh tiga mil antara Teluk San Francisco dan Samudra Pasifik. Struktur menakjubkan ini menghubungkan San Francisco, di ujung utara Semenanjung San Francisco, ke Marin County.

2. Sydney Harbour Bridge

Sydney Harbour
Sydney Harbour

Sydney Harbour Bridge yang terletak di Sydney, Australia, adalah jembatan lengkung di Sydney Harbour yang menjadi jalur lintas kereta api, kendaraan, sepeda dan lalu lintas pejalan kaki. Jembatan ini menghubungkan antara distrik pusat bisnis Sydney (CBD) dan North Shore. Anda bisa melihat pemandangan Sydney Opera House dari jembatan ini.

3. Ponte Vecchio

Ponte Vecchio
Ponte Vecchio

Ponte Vecchio atau juga dikenal sebagai Old Bridge, adalah sebuah jembatan lengkung tertutup di atas Sungai Arno, di Florence, Italia. Jembatan ini terkenal dengan toko-toko etniknya yang dibangun di sepanjang jembatan. Barang-barang yang ditawarkan di sepanjang Ponte Vecchio antara lain adalah perhiasan, barang seni dan penjual suvenir.

4. Brooklyn Bridge

Brooklyn Bridge
Brooklyn Bridge

Brooklyn Bridge adalah sebuah jembatan di New York yang dikenal sebagai salah satu jembatan suspensi tertua di Amerika Serikat. Jembatan ini menghubungkan Manhattan dan Brooklyn, serta membentang sejauh 486,3 meter, dan sering dijuluki East River Bridge.

5. Gateshead Milennium Bridge

Gateshead Milennium Bridge
Gateshead Milennium Bridge

Gateshead Millennium Bridge adalah sebuah jembatan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki yang membentang di atas Sungai Tyne di Inggris. Menariknya, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan dengan kemiringan paling ekstrem di dunia. Saking uniknya, jembatan ini pernah berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan, sepert seperti Wilkinson Eyre the 2002 Royal Institute of British Architects (RIBA) Stirling Prize, the 2003 Gifford IStructE Supreme Award, dan pada 2005, the Outstanding Structure Award from International Association for Bridge and Structural Engineering (IABSE). (tom)