Jeruk merupakan buah yang disukai oleh kebanyakan orang dan identik dengan warna jingga. Namun ada satu jeruk yang unik, karena memiliki daging buah berwarna merah.

Jeruk tersebut adalah Jeruk Darah Sisilia. Sesuai namanya, jeruk ini berasal dari daerah Sisilia, Italia. Warna daging buah Jeruk Darah Sisilia sangat mencolok, dengan gradasi warna mulai dari oranye berserat merah gelap, merah-oranye, merah terang keungu-unguan, dan merah kehitam-hitaman. Sementara kulitnya berwarna oranye bersemu merah atau ungu.

Jeruk unik ini mendapatkan warna merahnya dari pigmen merah yang disebut antosianin, berbeda dengan jeruk pada umumnya yang mengandung karotena, yang menghasilkan pigmen berwarna kuning-jingga.

Selain warnanya yang unik, buah ini ternyata memiliki rasa yang asam-manis mirip buah raspberry. Tak hanya itu, buah ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Segelas perasan jeruk ini merupakan sumber energi yang mengandung karbohidrat, mineral, dan serat yang mudah dicerna.

Dengan cita rasanya yang kuat, keseimbangan asam-manis yang ideal, serta sisa rasa yang kaya dan tahan lama, para pakar makanan dunia yakin bahwa Jeruk Darah Sisilia adalah salah satu jeruk pencuci mulut terbaik di dunia. (tom)