Setelah seharian beraktivitas, Anda pasti berharap dapat tidur dengan nyenyak dan bermimpi indah pada malam harinya. Namun terkadang Anda mengalami mimpi buruk sehingga membuat tidur Anda terganggu dan gelisah. Sebenarnya apa penyebab Anda mengalami mimpi buruk? Berikut adalah 5 penyebabnya.

1. Stres dan cemas

Stres yang dialami seseorang bisa merupakan salah satu penyebab Anda mengalami mimpi buruk. Stres di sini bisa berupa stres akibat bangkrut, perceraian atau masalah keuangan. Selain stres, rasa cemas juga dapat menyebabkan mimpi buruk. Menurut penelitian yang dilakukan oleh International Association for the Study of Dreams,  kehilangan orang yang dicintai atau menyaksikan kecelakaan tragis dapat menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk.

2. Makan yang berlemak

Menurut beberapa penelitian, semakin banyak Anda memakan makanan yang berlemak maka semakin berkurang pula jumlah dan kualitas tidur Anda. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang memakan makanan organik dan orang yang memakan junk food akan memiliki mimpi yang berbeda.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti anti depresi dan narkotika lainnya bisa mengakibatkan mimpi buruk sebagai efek sampingnya. Ketamin dalam obat anestesi beresiko menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk lebih besar daripada obat lainnya.

4. Makan sebelum tidur

Selain katanya dapat menaikkan berat badan, ternyata makan sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk, karena hal tersebut mempengaruhi metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak.

5. Penyakit

Beberapa penyakit seperti demam dan flu dapat membuat tidur Anda tidak nyaman, sering terbangun dan mengakibatkan kualitas tidur jadi berkurang, yang akhirnya menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk.

Jika Anda ingin mencegah mimpi buruk, Anda bisa melakukan salah satu tindakan pencegahan yaitu mandi air hangat agar tubuh Anda menjadi lebih rileks dan menghilangkan beban pikiran. (Teruskan/tom)