Belakangan ini kebanyakan orang lebih mendedikasikan waktunya untuk bekerja dibandingkan melakukan hobi. Padahal hobi memiliki beberapa manfaat bagi diri Anda sendiri. Berikut adalah 5 alasan mengapa Anda tidak boleh meninggalkan hobi Anda, dikutip dari Time Management Ninja dan Positively Present, Kamis (27/3/2014).

1. Mengembalikan semangat

Hobi biasanya membuat Anda merasa senang. Karena itulah ketika Anda melakukan hobi Anda, maka akan timbul rasa semangat dan energi untuk melakukan aktivitas Anda yang lainnya.

2. Membangkitkan kreatifitas

Selain rasa senang, hobi juga biasanya dilakukan tanpa beban pikiran, yang akhirnya akan melahirkan ide-ide cemerlang dalam pikiran Anda.

3. Menghilangkan rasa jenuh

Pikiran Anda bisa jenuh jika dipaksakan untuk bekerja tiap harinya. Dengan melakukan hobi, Anda bisa menjauhkan Anda dari stres dan beban pikiran, sehingga rasa jenuh pun bisa hilang.

4. Hobi menawarkan tantangan baru

Hobi memberikan kesempatan bagi Anda untuk melepaskan diri dari kegiatan rutin Anda dan menawarkan tantangan baru, yang tidak akan pernah Anda temui dalam rutinitas Anda sehari-hari.

5. Menyehatkan tubuh

Inilah manfaat paling penting dari memiliki hobi. Hobi ternyata dapat membuat tubuh lebih sehat. Sebuah studi menemukan bukti bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas hobi mempunyai tekanan darah yang lebih rendah. Tingkat depresi pada orang-orang yang menekuni hobi juga cenderung lebih rendah daripada orang-orang yang tidak memiliki hobi. (tom)