Keju bisa jadi merupakan produk olahan susu yang populer di dunia. Rasanya yang gurih membuatnya cocok ditambahkan ke berbagai macam makanan untuk menghasilkan tekstur masakan yang creamy.

Salah satu jenis keju yang cukup langka adalah White Stilton Gold. Keju tersebut termasuk ke dalam salah satu keju termahal di dunia, karena di dalamnya terdapat kandungan emas asli.

Dilansir Merdeka, Kamis (27/3/2014), White Stilton Gold buatan Long Clawson Dairy, produsen keju stilton biru dan putih asal Inggris yang beroperasi di Leicestershiere ini merupakan keju yang dibuat khusus untuk kalangan terbatas saja. Pelanggannya adalah pengusaha papan atas dan selebriti dunia. Keju ini sebenarnya adalah keju stilton putih biasa dengan tambahan serpihan emas dan emas cair. Keju stilton putih sendiri aslinya sudah termasuk langka di Inggris.

Harga dari White Stilton Gold bisa mencapai USD 420 per pon atau sekitar Rp 5 juta. Harga tersebut memang lebih murah jika dibandingkan dengan keju Pule yang berharga USD 700 atau sekitar Rp 8,5 juta per ponnya, atau keju Caciocavallo Podolico yang berharga USD 650 atau sekitar Rp 7 juta per ponnya. Meski demikian, harga yang harus dibayarkan sesuai dengan yang kita dapatkan. (tom)