Es krim adalah makanan manis dan dingin yang menyegarkan tubuh dan sangat populer di berbagai negara, terutama saat cuaca panas. Es krim sudah menjadi makanan favorit sejak berabad-abad yang lalu.

Pada zaman Romawi kuno pun es krim sudah dikenal. Kaisar Nero pernah memerintahkan prajurit-prajuritnya untuk mengangkut salju di gunung ke istananya karena sanga kaisar ingin menikmati es tersebut dengan potongan buah.

Kaisar Tang dari Dinasti Shang juga dianggap sebagai penemu es krim yang dicampur dengan susu. Resep ini kemudian menyebar kembali ke Eropa dan negara-negara lain. Sampai akhirnya muncul berbagai variasi es krim yang menjadi ciri khas dari beberapa negara, seperti dikutip Merdeka.com, berikut ini.

1. Helado, Argentina

Helado, Argentina
Helado, Argentina

Di Argentina es krim disebut helado. Helado yang ditawarkan oleh heladeria di Argentina biasanya terdiri dari dua sampai tiga rasa es krim. Rasa yang paling disukai adalah dulce de leche, sejenis karamel khas Argentina yang dipadukan dengan saus coklat, cassata (stroberi, vanili, dan coklat), dan almendrado yang terdiri dari es krim almond dengan taburan praline almond.

2. Dondurma, Turki

Dondurma, Turki
Dondurma, Turki

Menurut Wikipedia, orang Turki menyebut es krim dengan nama dondurma yang artinya membeku. Sekilas dondurma tampak seperti es krim berbahan dasar susu di negara lain. Tetapi jika es krim ditambahi dengan kuning telur atau maizena sebagai pengental, di Turki dondurma ditambahkan dengan salep dan getah pohon mastic. Dondurma biasanya dijual di gerobak kaki lima.

3. Gelato, Italia

Gelato, Italia
Gelato, Italia

Gelato adalah bahasa Italia untuk es krim, berasal dari kata gelatus yang artinya membeku. Gelato biasanya dibuat dari susu, krim, gula, dan perasa alami seperti sari buah dan puree kacang. Gelato dijual di kedai-kedai es krim yang disebut gelateria. Gelato yang dijual di gelateria biasa disajikan dalam kondisi agak meleleh. Selain itu gelato juga mengandung lebih sedikit lemak, sehingga buah-buahan dan kacang di dalamnya jadi lebih terasa.

4. Kulfi, India

Kulfi, India
Kulfi, India

Kulfi adalah hidangan pencuci mulut berbahan dasar susu khas India. Kulfi mudah ditemui di India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Myanmar, dan negara-negara timur tengah. Hidangan ini terbuat dari susu segar dan gula yang direbus dengan api kecil. Kulfi yang dijajakan di gerobak kaki lima biasanya ditempatkan di wadah khusus terbuat dari tembikar bernama matka yang berisi es batu dan garam agar tidak mudah meleleh. Rasa yang ditawarkan cukup tidak biasa, yaitu mangga, vanili, dan mawar. Penyajiannya pun unik, di atas selembar daun atau stik kemudian ditambahi rempah-rempah tropis seperti cardamom, saffron, kacang pistachio, dan sirup mawar. Ada juga falooda kulfi, yaitu kulfi yang disajikan dengan taburan bihun di atasnya.

5. Es puter, Indonesia

Es puter, Indonesia
Es puter, Indonesia

Variasi es krim yang terakhir adalah es puter. Es krim ala Indonesia ini disebut demikian karena dalam proses pembuatannya adonan es diputar-putar dalam alat pembuat es hingga membeku. Es puter dibuat dari santan, garam, dan kanji. Disajikan dengan dengan cone atau disajikan seperti sandwich dengan dua lembar roti tawar. Kadang penjual es puter juga menyajikannya dalam gelas kaca, dengan tambahan potongan buah nangka, mutiara, dan ketan hitam. (nha)