Gua merupakan salah satu pilihan bagi orang yang suka berwisata alam. Setiap gua memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Berikut adalah 5 gua terpanjang di dunia, dimuat di Merdeka dan dilansir dari Wikipedia, Jumat (28/3/2014).

1. Mammoth Cave National Park

Mammoth Cave National Park
Mammoth Cave National Park

Mammoth Cave National Park adalah sebuah taman nasional yang berada di pusat Kentucky, Amerika Serikat. Taman nasional ini meliputi bagian-bagian dari Mammoth Cave, sistem gua terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 651,8 km. Gua ini diakui sebagai salah satu dari Situs Warisan Dunia pada tanggal 27 Oktober 1981.

2. Sistema Sac Actun

Sistema Sac Actun
Sistema Sac Actun

Dalam bahasa Spanyol, Sistema Sac Actun berarti Sistem Gua Putih. Sistema Sac Actun merupakan sebuah sistem gua bawah air yang terletak di sepanjang pantai Karibia di Semenanjung Yucatan dan memanjang sampai ke utara dan barat desa Tulum, Quintana Roo, Meksiko.

3. Jewel Cave

Jewel Cave
Jewel Cave

Jewel Cave sendiri merupakan bagian dari Jewel Cave National Monument. Gua terpanjang ketiga di dunia ini ditemukan pada tahun 1979 dan memiliki luas mencapai 267,6 km. Jewel Cave terletak sekitar 21 km di barat kota Custer di Black Hills, South Dakota.

4. Sistema Ox Bel Ha

Sistema Ox Bel Ha
Sistema Ox Bel Ha

Sistema Ox Bel Ha memiliki panjang hingga 256,7 km. Gua ini terletak di dekat Tulum, Quintana Roo, Meksiko. Nama Sistema Ox Bel Ha sendiri berasal dari bahasa Maya yang bermakna “Tiga Jalur Air”.

5. Optymistychna Cave

Optymistychna Cave
Optymistychna Cave

Optymistychna Cave memiliki panjang hingga 236 km dan terletak di dekat desa di Ukraina, Korolivka, Borschiv Raion, Ternopil Oblast. Gua yang ditemukan pada 1966 ini merupakan gua terpanjang di Eurasia dan juga gua gipsum terpanjang di dunia. Optymistychna juga dikenal sebagai gua labirin. (tom)