Orang Kurus Memiliki Resiko Kematian Lebih Tinggi?

Segala yang berlebihan memang tidak baik, seperti halnya seseorang yang terlalu gemuk maupun terlalu kurus. Menurut penelitian, ternyata orang yang memiliki berat badan rendah ternyata memiliki resiko kematian yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan penderita obesitas.

Seperti dilansir dari newsmaxhealth, Minggu (30/3/2014), memang obesitas sudah menjadi sorotan yang cukup tinggi di masyarakat. Namun jangan sampai fenomena seperti ini akan menjadi timbulnya kebudayaan baru di mana balita atau remaja harus memiliki badan kurus. Ketua penelitian Dr. Joel Ray dari rumah sakit St. Michael Toronto sangat mengkhawatirkan jika kurus dijadikan patokan hidup yang baik terutama pada wanita dan anak-anak.

Ray melakukan penelitian dari berat badan bayi yang telah meninggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki berat badan di bawah 18,5 BMI (Body Mass Index/Indeks Massa Tubuh) memiliki resiko kematian 1,8 kali dibandingkan dengan responden yang memiliki berat badan ideal. Sedangkan jika dibandingkan dengan responden yang menderita obesitas, resikonya 1,2 kali lebih besar.

Oleh sebab itu, menurut Ray sangatlah penting untuk mengetahui berat badan ideal serta menjaganya tetap sehat. Hingga saat ini kasus kurangnya berat badan disebabkan oleh kekurangan gizi, penggunaan narkoba dan alkohol, merokok, kemiskinan, serta masalah kesehatan mental. (tom)

Apa Komentarmu
Tunggu Dong...