Depati Empat, Danau Cantik di Ketinggian 1.200 Mdpl


Siapa sangka, ternyata Jambi memiliki danau di ketinggian laut bernama Danau Depati Empat. Secara administratif, danau ini berada di wilayah Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Danau ini berada di atas ketinggian 1.200 M dari permukaan laut dengan luas 271 Ha berada disebelah barat daya dari Kota Bangko, pusat ibu kota Kabupaten, seperti dilansir TravelDetik, Senin (31/3/2014)

Dengan kawasan perbukitan dan pemandangan panorama yang asri, membuat danau Depati Empat semakin indah dipandang. Selain hutan yang lebat, air jernih, dan aneka ragam jenis ikan, danau ini juga dihiasi dua gunung kembar, yaitu bukit Pandan dan bukit Pandan Bungsu.

Sarana transportasi bagi pengunjung danau ini pun masih sangat sederhana, seperti rakit bambu dan perahu (biduk). Keberadaan Danau Depati Empat dihimpit oleh perkampungan masyarakat dua suku atau juga disebut marga, yaitu marga Sungai Tenang di sebelah timur, dan marga Serampas dibagian barat.

Berdasarkan sejarah masyarakat setempat, danau ini dimiliki oleh empat depati, yaitu Depati Payung (Margo serampas), Depati Gento Rajo (DesaPulau Tengah), Depati Siang Dito (Desa Rantau Suli), dan Depati Muncak (Desa Muara Madras).

Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh menggunakan mobil, dengan jarak sekitar 120 km dari Kota Bangko menuju Desa Pulau Tengah. Setelah di lokasi, ada dua pilihan jalur jalan kaki yang harus dilewati. Pertama dari Desa Pulau Tengah menuju Danau Depati Empat dengan jarak 9 km, atau jalur kedua Dari Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, menuju Desa Rantau Kermas dengan jarak 12 km.

Wisatawan juga bisa menggunakan roda dua atau empat, kemudian dilanjutkan dengan trek jalan kaki dengan jarak 7 km. Selain itu, bisa juga dengan jalan santai selama 3 jam. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak